Inilah 10 Atlet eSports Indonesia dengan Bayaran Termahal

Inilah 10 Atlet eSports Indonesia dengan Bayaran Termahal

Industri game saat ini memang lagi naik daun. Menurut Huffington Post, untuk industri sendiri, jumlah uang yang keluar pada tahun 2016 saja mencapai 92 juta miliar dolar. Jumlah ini lebih besar daripada industri perfilman Hollywood (62 miliar dolar) atau pun industri musik (18 miliar dolar), yang selama ini selalu dianggap sebagai industri hiburan yang paling menguntungkan.

Dari kejuaraan-kejuaraan eSports para gamer profesional mendapatkan penghargaan atau bayarannya. Tentu enggak semuanya yang untung. Penghargaan dan hadiah paling prestisius pastinya hanya bisa diraih sama gamers yang benar-benar serius terjun di dunia eSports.

Inilah 10 gamers pro dan pemain eSports dengan bayaran termahal di Indonesia. Berikut  ini adalah daftar yang disusun berdasarkan peringkat dalam situs esportsearning.com dan berurutan dari yang paling bawah hingga teratas.

10. Joshua Vega “Soifong” Tanaka (Rp52 juta)

Pemain Counter Strike: Global Offensive (CS:GO) ini tergabung dalam salah satu tim yang udah punya nama dan prestasi di indonesia, tim nxl. Salah satu veteran dalam ajang CS:GO yaitu Vega, dengan pengalaman 12 tahun mengikuti turnamen Counter Strike. Prestasi nxl di ajang nasional atau pun internasional enggak diraguin lagi berkat kemampuan Vega yang mahir menggunakan senjata apa pun.

9. Ryan “rynXTRFL” Prakasha (Rp53,2 juta)

Ryan, Gamers asal Jakarta ini bisa meraup untung cukup besar lewat game FPS, CrossFire. Pendapatan yang diraihnya dalam turnamen CrossFire mencapai 3.200 dolar sejak 2013. Enggak cuma CrossFire, Ryan juga sempat bermain League of Legends dan ikutan turnamen eSports World Championship 2015 dengan nickname “godNayr”.

8. Farand “Koala” Kowara (Rp54 juta)

Salah satu veteran Dota 2 di Indonesia ialah Farand Kowara. Sekarang kini ia tergabung dengan tim Rex Regum setelah sebelumnya tergabung dalam tim XcN dan Fnatic buat Dota. Dia mendapatkan Rp54 juta dari tujuh turnamen yang diikutinya sejak 2015. Bersama Rex Regum, Koala baru baru ini berhasil menjadi runner-up dalam ajang ASUS ROG MASTERS Indonesia 2017 dan peringkat kelima dalam Indonesian Pride Gaming League 2017.

7. Richard “frgd” Permana (Rp57,4 juta)

Gamer profesional CS:GO yang selanjutnya ialah Richard Permana yang tergabung dalam tim nxl. Richard termasuk salah satu veteran dalam ajang eSports yang diselenggarkan di Indonesia dengan total 17 turnamen resmi yang masuk ke resumenya. Dia juga dikenal sebagai pelatih dan pengatur strategi yang baik. Terakhir kali Richard dan nxl berpartisipasi dalam turnamen Razer Rising Star Season 1: South-East Asia yang diadain pada Juni lalu. Sayangnya, nxl hanya mampu menempati posisi ke-9.

6. Muhammad “inYourdreaM” Rizky (Rp60,3 juta)

Gamers satu ini memang lagi naik daun. Namanya sudah tersebar diberbagai kalangan gamers yang ada di Indonesia sebagai pemain Dota 2 paling potensial. Dia tercatat sebagai pemain pertama yang mampu ngeraih poin 9000 MMR di server Asia Tenggara. Bakat yang ia miliki ini juga dibuktikannya melalui prestasi gemilang yang diraihnya bersama tim BOOM ID selama 2017 ini. BOOM ID bersama Rizky berhasil sukses menjadi pemenang pertama dalam turnamen ASUS ROG MASTERS Indonesia 2017 dan IPGL 2017 yang diadain belum lama ini.

5. Kevin “xccurate” Susanto (Rp65,3 juta)

Kevin “xxcurate”, sesuai dengan nickname nya, Susanto merupakan pemain CS:GO yang ahli dalam senjata AWP. Bidikan mautnya pun berhasil sukses membuat tim Recca Esports menjadi salah satu tim eSports tersukses di Indonesia selama 2017. Telah tercatat Kevin dan timnya, Recca Esports telah memenangkan enam turnamen yang termasuk dua turnamen Major selama tahun ini.

4. Agung “Sys” Frianto (Rp81,3 juta)

Seperrti xxcurate, Agung “Sys” Frianto ialah salah satu anggota tim Recca Esports yang sukses besar di tahun ini. Pemain yang selalu menjadi garda terdepan bagi timnya ini dikenal dengan skill aim, refleks, dan mental yang berada di atas rata-rata pemain Indonesia. Agung termasuk salah satu pemain senior di ajang CS:GO. Sebelum bergabung dengan Recca, Agung tergabung sama tim nxl yang membesarkan namanya. Turnamen CS:GO yang telah diikutinya hingga kini mencapai 17 turnamen terhitung dari 2014.

3. Baskoro “Roseau” Dwi Putra (Rp97,8 juta)

Lagi-lagi, pemain dari Recca Esports masuk daftar ini. Dan kali ini ialah Baskoro, lebih dikenal dengan sebutan Agil. Dia termasuk dalam pemain dengan kategori skill membunuh yang enggak bisa ditebak. Kemampuan langka inilah yang membuat Agil mempunyai banyak penggemar, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Prestasinya bersama Recca udah enggak perlu diraguin lagi. Agil termasuk dalam salah satu veteran di ajang CS:GO dengan total 20 turnamen yang telah diikutinya bersama Recca dan nxl sejak 2014.

2. Albert “FrostMisty” Giovanni (Rp97,8 juta)

Recca Esports ngebuktiin bahwa merekalah tim CS:GO terbaik di Indonesia tahun ini dengan prestasinya serta nama pemainnya yang masuk daftar ini. Pentolan Recca kali ini adalah Albert “FrostMisty” Giovanni. Pemain yang punya peran sebagai rifler ini juga merupakan jebolan dari tim nxl dengan resume total 21 turnamen yang telah diikutinya sejak 2014.

1. Hansel “BnTeT” Ferdinand (Rp325,8 juta)

Pemain eSports satu ini yang bisa dibilang adalah “dewanya” CS:GO Indonesia. Di usianya yang relatif masih muda, ialah Hansel, yang sudah mengikuti puluhan turnamen CS:GO tingkat nasional dan internasional. Prestasinya pun benar-benar luar biasa. Saat ini, ia tergabung dengan tim eSports asal negeri Tiongkok, Tyloo, setelah sebelumnya malang melintang di tim Recca dan nxl. Bersama TyLoo, Hansel sukses menjadi jawaranya Tiongkok dalam turnamen World Cyber Arena 2017. Hansel juga membuktikan kesuksesannya bersama Recca dengan menjadi pemenang pertama dalam turnamen ZEN Esports Network League 2017. Maka dari itu, jangan heran deh kalau pendapatan Hansel jauh di atas gamers profesional Tanah Air lainnya.

Berikut prestasi para gamers Indonesia yang luar biasa. Karena mereka mampu mengubah stigma seorang gamers yang dulu selalu selalu lekat dengan sosok yang pemalas dan antisosial. Pada kenyataanya, mereka pun mampu menghasilkan pendapatan lewat hobi itu bisa dibilang jadi orang paling beruntung di dunia.

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of